Rabu, 17 September 2014

ciri khas masyarakat tengger

Dalam hal berbusana, pakaian sehari-hari yang dikenakan masyarakat Tengger memang tidaklah jauh berbeda dari masyarakat Jawa. Kaum wanitanya menggunakan kebaya pendek dan kain panjang tanpa wiron atau sarung tutup kepala dan selendang batik lebar. Kaum prianya berpakaian sehari-hari sebagaimana masyarakat pertanian di Jawa. Biasanya mereka memakai baju longgar dan celana panjang di atas mata kaki, berwarna hitam. Di bagian dalam, memakai kaos oblong. Udeng dan sarung tidak tertinggal.
Untuk pakaian resmi pun mereka menggunakan beskap,celan panjang hitam,dua kain berwarna kuning (Kampuh).dimana satu Kampuh dipakai secara dislempangkan / menyilang dipundak kanan yang kedua ujungnya disatukan.dan kain Kampuh yang satu dipakai secara melingkar di perut ( seperti sabuk ) dan memakai Udeng Tengger sebagai penutup kepala bagi kaum lelaki.Dalam pemakaian Udeng Tengger bagi pemakainya tidak diperbolehkan menggunakan Udeng yang telah jadi / permanen ( seperti blangkon jogja / udeng bali, madura dll) melainkan harus di pakai dengan menata dan mengikatnya pada saat di perlukan.( dipakai sendiri / dibantu orang lain). Ada berbagai macam cara memakai sarung karena didalam tradisi Tengger terdapat makna atau arti didalam tatacara dan kegunaannya. Tidak kurang dari 7 (tujuh) cara bersarung yang mereka kenal. Masing- masing cara ini memiliki istilah dan kegunaan sendiri.
1. Kekaweng
Digunakan untuk bekerja, cara menggunakannya kain sarung dilipat dua, kemudian disampirkan ke pundak bagian belakang dan kedua ujungnya diikat jadi satu. Cara ini disebut kakawung, yang dimaksudkan agar bebas bergerak pada waktu ketempat mengambil air atau kepasar. Cara bersarung seperti ini tidak boleh digunakan untuk bertamu dan melayat.
2. Sesembong
Sedang untuk pekerjaan yang lebih berat, seperti bekerja diladang atau pekerjaan-pekerjaan lain yang memerlukan tenaga lebih besar, mereka menggunakan sarung dengan cara sesembong. Sarung dilingkarkan pada pinggang kemudian diikatkan seperti dodot (di diatas perut di bawah dada) agar tidak mudah terlepas.
3. Sempetan ( sempretan,jawa)
Saat bertamu, mereka mengenakan sarung sebagaimana masyarakat umumnya, yaitu ujung sarung dilipat sampai kegaris pinggang. Cara ini disebut Sempetan.
4. Kekemul
Sementara itu, pada saat santai dan sekedar berjalan-jalan, mereka menggunakan sarung dengan cara kekemul. Setelah disarungkan pada tubuh, bagian atas dilipat untuk menutupi kedua bagian tangannya, kemudian digantungkan di pundak.
5. Sengkletan
Agar terlihat rapi pada saat bepergian mereka menggunakan cara sengkletan. Kain sarung cukup disampirkan pada pundak secara terlepas atau bergantung menyilang pada dada
6. Kekodong
Cara lain yang sangat khas, yang sering dijumpai pada saat masyarakat Tengger berkumpul di tempat - tempat upacara atau keramaian lainnya di malam hari adalah cara kekodong. Dengan ikatan di bagian belakang kepala kain sarung dikerudungkan sampai menutupi seluruh bagian kepala, sehingga yang terlihat hanya mata saja.
7. Sampiran
Anak-anak muda Tengger pun memiliki cara bersarung tersendiri, yang disebut sampiran. Kain sarung disampirkan di bagian atas punggung. Kedua bagian lubangnya dimasukkan pada bagian ketiak dan disangga ke depan oleh kedua tangannya.
Dalam hal berbusana, pakaian sehari-hari yang dikenakan masyarakat Tengger memang tidaklah jauh berbeda dari masyarakat Jawa. Kaum wanitanya menggunakan kebaya pendek dan kain panjang tanpa wiron atau sarung tutup kepala dan selendang batik lebar. Kaum prianya berpakaian sehari-hari sebagaimana masyarakat pertanian di Jawa. Biasanya mereka memakai baju longgar dan celana panjang di atas mata kaki, berwarna hitam. Di bagian dalam, memakai kaos oblong. Udeng dan sarung tidak tertinggal.
Untuk pakaian resmi pun mereka menggunakan beskap,celan panjang hitam,dua kain berwarna kuning (Kampuh).dimana satu Kampuh dipakai secara dislempangkan / menyilang dipundak kanan yang kedua ujungnya disatukan.dan kain Kampuh yang satu dipakai secara melingkar di perut ( seperti sabuk ) dan memakai Udeng Tengger sebagai penutup kepala bagi kaum lelaki.Dalam pemakaian Udeng Tengger bagi pemakainya tidak diperbolehkan menggunakan Udeng yang telah jadi / permanen ( seperti blangkon jogja / udeng bali, madura dll) melainkan harus di pakai dengan menata dan mengikatnya pada saat di perlukan.( dipakai sendiri / dibantu orang lain).





Orang Tengger Suka Memakan Bawang
Nah saya juga baru tahu suku tengger suka memakan bawang,menurut yang saya baca alasannya adalah Menurut penduduk Tengger ‘bawang’ adalah pemberian khusus dari Brahma. Pada awalnya daerah Tengger yang masih berupa hutan belantara dan mulai dihuni oleh kaum Brahma untuk pertama kalinya. Namun anehnya di daerah Tengger yang masih berupa hutan belantara itu mereka menemukan sebuah hunian manusia di lereng Gunung Semeru. Pimpinan mereka yang bernama Ki Dadap Putih mengajak dan menyuruh pengikutnya untuk menyelidiki mereka, karena dia mereka yang hidup di lereng Semeru berasal dari kasta yang sama kasta Brahma dan mereka juga ingin belajar kepada suku yang berada di lereng Semeru tentang tata cara mereka bercocok tanam karena di lereng Tengger padi pun tidak dapat tumbuh dan Ki Dadap Putih beserta rombongan menderita kelaparan. Pada suatu malam Ki Dadap Putih beserta rombongan melakukan perjalanan menuju lereng Semeru untuk berkunjung dan belajar tata cara bercocok tanam, sekiranya sampai di tempat yang dimaksud, mereka hanya menemukan sepasang laki-laki dan perempuan dan kedua orang itu adalah seorang tapa (petapa laki-laki) dan endan (petapa perempuan) kehidupannya hanya diisi oleh sembayang dan dapat hidup dari tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan akar-akar yang berada di sekitarnya.
Ki Dadap Putih meminta kepada keduanya untuk mendo’akan keselamatan  rombongan yang masih berada di Tengger, permintaannya adalah agar daerah yang akan mereka huni menjadi subur. Ternyata keinginan mereka terkabul, pada suatu malam pertapa endang bermimpi bertemu dengan seorang bidadari (pitri) dan memberikan dua biji benih yang berwarna merah dan putih. Sang Bidadari bersabda : Benih yang berwarna merah sudah dapat ditanam keesokan harinya dan diberi nama bawang abang. Benih yang berwarna putih baru dapat ditanam pada awal bulan baru kemudian diberi nama bawang putih. Dan hasil dari pada kedua benih ini harus diberikan kepada orang Tengger yang telah lebih dulu tinggal disana yaitu penganut Brahma. Sang peri juga    berpesan : “Katakan kepada mereka bahwa benih-benih ini akan mendatangkan kebahagiaan bagi mereka dan keturunannya. Selain itu, ketangan (kentang) dan tanaman-tanaman lain akan dapat tumbuh di samping bibit-bibit ini. Bibit inilah yang akan menyuburkan tanah-tanah yang kurang subur ini. Dan janganlah menanam padi di dataran maupun lereng Gunung Tengger apabila hal itu dilakukan maka seluruh daerah itu akan menjadi tidak subur lagi.
Kemudian keesokan harinya tapa memberikan benih itu kepada Ki Dadap Putih dan berkata bahwa benih ini adalah pemberian langsung dari peri kayangan. Mendengar cerita itu para brahma Tengger langsung menanam benih bawang-bawang tersebut dan tanah beserta tanaman lainnya dapat tumbuh dengan subur seperti bibit kentang dan tanaman menjalar lainnya, semenjak itulah kehidupan orang Tengger menjadi makmur dan bahagia.

TOUR TRAVEL Paket,Surabaya,Bromo Tour,Batu Malang Tour Yogyakarta Tour,Ijen,Bali Tour
Menurut legenda masyarakat ,keberadaan Suku Tengger berasal dari penduduk asli Jawa pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit.Saat masuknya Islam ke pulau jawa terjadi persinggungan dengan kerajaan-kerajaan yang ada di pulau jawa, yang salah satunya kerajaan majapahit yang merasa terdesak dengan kedatangan pengaruh Islam, kemudian melarikan diri ke wilayah Bali dan pedalaman Gunung Bromo dan Semeru. Pasangan Roro Anteng dan Joko Seger yang melarikan diri ke pedalaman Gunung Bromo, kemudian menjadi penguasa daerah tersebut dan diberi nama “Tengger” diambil dari akhiran “Teng” dari Roro Anteng dan “Ger” dari Joko Seger.

Ciri khas Suku Tengger adalah kain sarung yang selalu dililitkan dilehernya, serta kupluk yang menjadi penutup kepala yang merupakan hasil adaptasi dari suhu Gunung Bromo yang begitu dingin.
Warga Tengger pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani sayuran karena kesuburan tanahnya yang tak lepas dari 2 gunung yang masih aktif yaitu Gunung Bromo dan Gunung Semeru.Hasil pertanian suku tengger dijual keluar desanya dengan bantuan pengepul yang yang berasal dari Probolinggo, Pasuruan dan kota besar lainnya karena hasil pertanian dari Suku Tengger terkenal dengan kualitasnya yang tahan lama dibandingkan hasil pertanian daerah lain.. Selain bertani, ada sebagian masyarakat Suku Tengger yang berprofesi menjadi pemandu wisatawan di Bromo. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menawarkan kuda yang mereka miliki untuk disewakan kepada wisatawan dan juga sebagian menjadi sopir jeep.

Bahasa yang dipakai sehari hari masyarakat Suku Tengger adalah bahasa jawa kuno yang diyakini sebagai dialek asli orang Majapahit. Suku Tengger merupakan salah satu sub kelompok orang Jawa yang mengembangkan variasai budaya yang khas. Kekhasan ini bisa dilihat dari bahasanya, dimana mereka menggunakan bahasa Jawa dialek Tengger, tanpa tingkatan bahasa sebagaimana yang ada pada tingkatan bahasa dalam bahasa Jawa pada umumnya.

Masyarakat tengger mayoritas memeluk agama Hindu, namun agama Hindu yang dianut bukan Hindu Dharma seperti yang ada di Bali, Hindu yang berkembang di masyarakat Suku Tengger adalah Hindu Mahayana. Bagi Suku Tengger, Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada (Kasodo). Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo.


klik disini

1 komentar:

  1. Masih bingung cari Bandar Betting Online Teraman dan Terpercaya yang pasti akan membayar kemenagan Anda berapa pun itu? S128Cash tempat yang TEPAT untuk itu semua.
    S128Cash memberikan kemudahan kepada Anda semua bagi yang ingin bermain Judi Online dengan menyediakan fasilitas deposit via PULSA, OVO dan GOPAY.
    Semua permainan populer tersedia disini, seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker dan masih banyak permainan lainnya.

    Anda juga akan ditemanin berbagai PROMO BONUS yang sangat menguntungkan, yaitu :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Sangat menguntungkan bukan? Segera daftarkan diri Anda bersama kami.
    Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Situs Judi Bola

    BalasHapus